Mahasiswa KKN-IK di Desa Sinomwidodo Melakukan Revitalisasi Web Desa Sebagai Bentuk Peningkatan Pelayanan Desa

Sinomwidodo, 2 Oktober 2021

Selama kegiatan KKN berlangsung mahasiswa di desa Sinomwidodo melakukan revitalisasi website desa dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan desa.

Website desa merupakan media yang bisa menjadi sarana untuk menyebarkan informasi terkait desa baik potensi desa, fasilitas dan pelayanan desa, serta program-program yang dilakukan oleh desa. Menyikapi hal tersebut mahasiswa IAIN Kudus yang sedang menjalani kegiatan KKN-IK di desa Sinomwidodo membuat program kerja yaitu revitalisasi website desa.

Menurut Fahrul Rozi selaku peserta KKN-IK mengungkapkan bahwa revitalisasi website desa merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang tujuannya untuk mengenalkan informasi tentang desa melalui media online.
“Saat ini promosi atau mengenalkan desa bisa dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, dengan menggunakan media website pengenalan desa dilakukan dengan mudah dan bisa menjangkau sasaran yang luas karna sebuah website desa bisa di akses oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja.”

Revitalisasi website desa dilakukan secara bertahap, yaitu pertama dengan melihat bagaimana kondisi website desa Sinomwidodo, dari hal tersebut website desa sudah lama tidak publish sebuah pos atau informasi karena tidak memiliki tim khusus untuk mengurus website desa. Kemudian Tim KKN-IK mulai mencari informasi dan berita-berita yang dirasa dapat di publish di website desa. Proses update informasi terbaru akan dilakukan secara berkala. Ada rencana tim KKN-IK akan bekerjasama dengan Tim karangtaruna desa untuk membantu mengurus website desa agar tidak vakum.

Diharapkan setelah revitalisasi website informasi desa serta potensi-potensi yang ada di desa akan mulai dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat memberikan dampak baik untuk desa.

Penulis : Tim KKN-IK desa Sinomwidodo

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan