Koordinasi Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Dengan Perangkat Desa terkait database UMKM dan Revitalisasi Website Desa Sinomwidodo

Koordinasi Mahasiswa KKN IK IAIN Kudus dengan Bapak Rakimin selaku kepala Desa Sinomwidodo

Sinomwidodo, 9 September 2021

Pada kegiatan KKN-IK IAIN Kudus tahun ini mahasiswa di tempatkan di daerahnya masing-masing. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih belum hilang sepenuhnya. Wilayah Kabupaten Pati, khususnya Kecamatan Tambakromo terdapat 17 mahasiswa yang akan menjalankan KKN-IK 2021 yang terbagi dalam 9 desa. Desa Sinomwidodo terdapat 2 mahasiswa yaitu Fahrul Rozi dari program studi PAI dan Karunia Dwi Susanti dari program studi Tadris IPA. Tema besar yang diusung KKN-IK tahun yaitu “Pemberdayaan Potensi Desa Berbasis Moderasi Beragama”.

Pada hari kamis tanggal 9 September 2021 mahasiswa KKN-IK di Desa Sinomwidodo melakukan koordinasi dengan perangkat desa terkait dengan database UMKM serta revitalisasi website  desa sebagai bagian dari program kerja KKN-IK. Dari koordinasi tersebut di peroleh hasil yaitu database UMKM desa masih belum lengkap.

Koordinasi Mahasiswa KKN IK IAIN Kudus dengan Bapak Rakimin selaku kepala Desa Sinomwidodo

“Karena masih terdapat beberapa perbedaan data terbaru antara data desa dengan data pusat, sehingga kami masih terus melakukan pembaruan agar data UMKM bisa lengkap dan sesuai dengan kondisi lapangan.” Ujar Bapak Rakimin selaku Kepala Desa Sinomwidodo.

Sedangkan untuk website desa sekarang ini sedang vakum sementara, “Untuk belakangan ini belum adanya kegiatan-kegiatan yang dirasa bisa di publish, serta tidak adanya tim yang khusus untuk mengurus website desa, sehingga untuk postingan terbaru masih belum ada” jelas Bapak H. Suharto, S.H. selaku sekretaris desa.

Koordinasi Mahasiswa KKN IK IAIN Kudus dengan Bapak H. Suharto, SH selaku Sekretaris Desa

Selain dua program tersebut, mahasiswa KKN-IK desa Sinomwidodo juga memiliki beberapa program lainnya seperti Pendampingan belajar dan mengaji, bakti sosial serta siap membantu kegiatan di balai desa selama kegiatan KKN berlangsung. Dengan adanya KKN-IK di daerahnya masing-masing di harapkan dapat mengenali dan mengembangkan potensi yang dimiliki desanya. Seperti yang di ungkapkan oleh Bapak Moh. Asror, M.Pd. selaku DPL KKN-IK Kecamatan Tambakromo yaitu sasaran target kegiatan KKN-IK IAIN Kudus Tahun 2021 diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang potensi desa, baik potensi ekonomi, sosio kultural, maupun keagamaan.

 

Penulis : Fahrul Rozi dan Karunia Dwi Susanti.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan