Warga Sinomwidodo Berlatih Bioteknologi Ternak Unggas

Kamis, 27 Desember 2019 sebanyak 20 orang warga Sinomwidodo berangkat ke Madiun untuk belajar ternak unggas (ayam dan puyuh). Mereka terdiri dari 8 orang peternak ayam potong / petelur,  2 orang peternak puyuh, 1 orang BPD, 2 orang karang taruna dan 7 aparat desa. Di Madiun, mereka belajar langsung dengan Pengurus dan anggota Koperasi Cahaya Barokah Mandiri (CBM) tentang seluk beluk beternak unggas. Materi teori beternak unggas metode bioteknologi disampaikan selama 1,5 jam di kantor. Diteruskan berkunjung langsung ke lapangan (kandang ternak dan sawah). Di kandang ayam petelur, ayam potong, ayam joper, puyuh dah sawah mereka belajar tentang penggunaan bioteknologi dalam kegiatan usaha unggas.

Proses belajar singkat ini cukup bermakna bagi peserta. Peserta yang baru punya rencana usaha budidaya unggas (puyuh), makin termotivasi untuk mewujudkannya sepulang dari Madiun. Peternak puyuh cukup menjanjikan tambahan pendapatan. Peserta yang sudah berlangsung usahanya, lebih belajar terknologinya. Mereka antusias untuk menerapkan bioteknologi, sehingga mereka beli sampel produknya. Harapannya, ternaknya semakin sehat, produktif dan bau kotorannya tidak mengganggu lingkungan. Sedangkan aparat desa belajar tentang pengorganisasian warga dalam koperasi dan BUMDes. Karena diakui oleh banyak pihak termasuk pengurus koperasi CBM, bahwa keberhasilan usaha pertanian dan peternakan di Desa akan ditentukan pengorganisasian hulu – hilir melalui BUMDes. Dengan sinergi peternak, BPD dan Aparat Desa diharapkan mampu mewujudkan jejaring usaha unggas yang kuat di Desa Sinomwidodo ke depan.

Kunjungan lapang diakhiri hingga jam 15.00, dan di sinilah peserta dan Tim Pemandu dari Koperasi CBM berpisah dengan komitmen menjalin jejaring kerjasama teknologi. Tim Pemandu kembali ke kantor dan para peserta meneruskan perjalanan refreshing di obyek wisata Telaga Sarangan Kabupanten Nganjuk Jawa Timur. Melalui kegiatan ini diharapkan kelelahan seharian mengikuti pelatihan dan kunjungan lapang bisa direfresh (disegarkan kembali).  Kunjungan wisata ini diharapkan menjadi media perekat hubungan sosial antara peserta, BPD, Karang Taruna dan Aparat Desa yang secara Tim mereka harus menindaklanjuti kegiatan ini dengan baik. Besar harapan warga Desa Sinomwidodo selalu ada inovasi dalam membangun desanya untuk kemakmuran bersama. Semoga Allah mengabulkan mimpi bersama mereka. Amin.Website Resmi

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*