SINOMWIDODO MENCANANGKAN 2018 SEBAGAI TAHUN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KINERJA BUMDES

Sinomwidodo, 2 Pebruari 2018

Pemerintah Desa Sinomwidodo Kecamatan Tambakromo mencanangkan 2018 sebagai Tahun Pemberdayaan masyarakat. Hal ini telah disepakati bersama masyarakat melalui Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) akhir tahun 2017. Pencanangan ini bukan main-main, akan tetapi telah dilakukan pra kondisi melalui penguatan kelembagaan bidang ekonomi dan pelatihan-pelatihan usaha di tahun 2017.

Pada tahun 2017, pemerintah Desa Sinomwidodo telah memfasilitasi pembentukan, penguatan dan revitalisasi kelembagaan masyarakat bidang ekonomi sebagai berikut :

  1. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Amrih Widodo”,
  2. Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) “Lestari Widodo”,
  3. Pos Pelayanan Teknologi Desa (Posyantekdes) “Soko Limo”,
  4. Kelompok Lumbung Pangan Masyarakat (KLPM) “Rekso Sedulur”,
  5. Kelompok Pemuda Tani “Taruna tani”.

Adapun kegiatan pelatihan yang dilaksanakan melalui berbagai lembaga tersebut secara terpadu meliputi :

  1. Pelatihan Pembuatan Tepung MOCAF dan makanan olahan yang berbahan MOCAF, dengan nara sumber dari Jember Jawa Timur,
  2. Pelatihan Ternak Kambing dan Bebek (Unggas) dengan nara sumber dari Dinas Pertanian Kabupaten Pati,
  3. Pelatihan Pakan ternak (Pembuatan Silase dan Amoniasi) dengan nara sumber dari KJF Dinas Pertanian Kabupaten Pati,
  4. Pelatihan Pupuk Organik Padat (POP) dan Pupuk Organik Cair (POC) dengan narasumber Tenaga Ahli Tehnologi Tepat Guna (TTG) Kelompok Pendamping Desa Kabupaten Pati,
  5. Pelatihan pengelolaan pekarangan dengan budidaya kelor di Pusat Pelatihan Kelor Organik di Ngawenombo Kunduran Blora.

Dari berbagai pelatihan dan penguatan kelembagaan tersebut akan ditindaklanjuti dengan pengembangan ekonomi produktif dengan motor BUMDes di tahun 2018 ini. Berdasarkan laporan tahun 2017, usaha BUMDes unit Simpan Pinjam berhasil mengumpulkan pendapatan kotor 16.675.000,- atau pendapatan bersih 10.482.833,- (setelah dikurangi operasional dan insentif pengurus). Unit pengelolaan pasar memberikan pendapatan pada desa sebesar 4.300.000,- dan unit pengelolaan sampah masih bersifat sosial murni.

BUMDes pada musim panen ini juga mengembangkan usaha pemasaran produk pertani padi dan jagung untuk mengantisipasi harga jatuh yang harus ditanggung petani. Sedangkan usaha rintisan lain berupa ternak bebek model kemitraan dalam tahap persiapan kandang, dengan jumlah peserta 12 orang dengan total rencana ternak bebek 10 ribu ekor. Untuk menindak lanjuti pengembangan pemanfaatan pekarangan ditanam tanaman sayur-sayuran (kangkung, bayam, lombok dan terong) juga tanaman kelor. Dalam jangka panjang akan dikembangkan kelor dengan produk daun maupun biji yang pemasarannya bermitra dengan Kelorina Blora. Beberapa kegiatan produktif lain akan terus dikembangkan sebagai wujud realisasi dari pencanangan Tahun Pemberdayaan Masyarakat Desa Sinomwidodo.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan