“Sinomwidodo Go Green!”

         Senin, 26 Januari 2015, warga Desa Sinomwidodo secara kompak melakukan penghijauan. Tepat pukul 8 pagi para perangkat desa, pemuda, maupun ketua RT/RW serta warga umumnya sudah siap di lokasi penghijauan. Para warga berbagi lokasi penanaman pada setiap wilayah Dukuh / RW , wilayah fasilitas umum, perbatasan desa dan jalan utama desa. Maklum, wilayah Desa Sinomwidodo cukup luas, ada 5 Dukuh/ RW, yaitu : Dukuh Cengklik, Krajan, Sebetan, Glinggang dan Lemahbang. Menuju Go Green dan penataan lingkungan ini, cukup banyak kegiatan-kegiatan persiapan yang dilakukan, mulai dari penataan jalan alternatif di Dukuh Glinggang, pengerukan tanah di saluran air (irigasi) menggunakan alat berat sampai  dan penetapan areal tanam pohon dan persiapan lubang tanamnya. Kegiatan ini juga didukung oleh para mahasiswa dari peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo.
       Sejalan dengan apa yang telah disepakati oleh Para Perangkat Desa dan warga, pohon yang ditanam kali ini berjumlah 1.000 (seribu) bibit pohon yang terdiri dari bibit pohon jati, mahoni, dan sengon. Dalam kegiatan kerja bhakti serentak tersebut, semua pohon tertanam dengan baik. Karena besarnya partisipasi masyarakat yang ikut bekerja bhakti, sekejap saja kegiatan penanaman selesai dan kekurangan bibit pohon. Kali ini ada beberapa warga yang membawa bibit dari tegalan miliknya, terutama jenis bibit mahoni. Di akhir kegiatan penanaman, Kasmuri, A.Md (Pj. Kades Sinomwidodo) menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Pati yang secara cuma-cuma membantu bibit-bibit pohon tersebut. Harapan dari Kades, kegiatan penanaman pohon seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin tiap tahun dengan kepeloporan Pemerintah Desa Sinomwidodo.
       Rangkaian kegiatan “Sinomwidodo Go Green” ini bertujuan  untuk mewujudkan Desa yang hijau royo-royo, mengembalikan keasrian lingkungan desa, menanggulangi banjir dan erosi yang terkadang melanda wilayah Desa Sinomwidodo, sebagai investasi di masa yang akan datang, serta menumbuhkan kesadaran para warga untuk ikut mendukung “Sinomwidodo Go Green”. Bukan hanya pohon yang kami tanam dalam kegiatan ini, namun juga rasa persaudaraan yang kuat untuk menjaga kelestarian desa tercinta dan kegemaran berinfak pohon serta merawatnya. Semoga cita-cita mulia seperti ini makin tersemai subur di Sinomwidodo bersama dengan suburnya pohon-pohon yang telah ditanam bersama. Demikian Pj. Kades mengakhiri pembicaraannya. Selamat untuk Warga Sinomwidodo…..!

1 Comment

Tinggalkan Balasan